Apa yang dimaksud sharing resources?

sharing resources adalah suatu kegiatan membagi file satu perangkat didalam suatu jaringan oleh komputer server ke seluruh komputer client yang dilakukan secara bersama sama oleh sekelompok perpustakaan yang tergabung dalam sebuah jaringan yang bertujuan untuk menaikkan layanan.

tujuan dan manfaat sharing resources

sharing resources bertujuan untuk membuat semua aplikasi maupun perangkat dapat saling terhubung dan berkomunikasi tanpa adanya kendala waktu maupun jarak.

manfaat yang tercipta dari sharing resources adalah menghemat waktu,tenaga,dan biaya.daoatmengirim file dari satu komputer secara langsung ke komputer lain dalam satu jaringan device dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam satu jaringan.

fungsi sharing jaringan :

1.dapat menggunakan sumber daya,berupa aplikasi maupun perangkat secara bersamaan

user yangberada jauh sesuai komputer server bisa mengakses data seolah olah dia berada sangat dekat dengan komputer server.ataupun beberapa user berada dalam satu ruangan dapat menggunakan satu printer secara bersamaan.

2.untuk mempermudah akses data dari sumber data menuju peng-akses data

mempermudah akses dari host ke client yang diberi akses kepada sharing folder tersebut.selain itu,komputer pada suatu jaringan dapat menjadi alat komunikasi dan informasi sharing yang efektif.

sharing service

sharing service pada personal komputer banyak macamnya,contohnya pada windows:

1.printer sharing

2.file sharing

3.active directory

4.service webserver IIS,FTP,TELNET

5.torrent

alat yang digunakan dalam sharing resources biasanya adalah seperti printer,scanner disk drive,CD ROM drive,hardisk,floppy,dan lain lainnya.

langkah-langkah sharing printer dibawah ini :

1. Klik start button, kemudian pilih Devices and Printers.
2. akan terbuka windows devices and printers. Di window ini, kita bisa melihat hardware apa saja yang terhubung dengan komputer, salah satunya printer.

3.Tentukan printer mana yang ingin kita sharing. Klik kanan pada printer tersebut, kemudian pilih printer properties.

4.Akan terbuka window printer properties. Pilih tab Sharing pada windows tersebut.

5.selanjutnya, beri checkbox pada opsi share this printer. Kita bisa memberi nama sesuai keinginan kita. Kemudian klik Apply, Ok.

sekarang printer sudah berhasil di sharing dan siap digunakan oleh komputer lain yang terhubung. Kalau sudah berhasil di sharing, baru kita bisa mengakses printer tersebut. Caranya sebagai berikut. Kita bisa mengaksesnya melalui windows Explorer. Pada Address bar, ketikan IP address komputer yang melakukan sharing tadi. Contoh format penulisan di Address bar “\\192.168.10.10”, tanpa tanda petik. IP addressdisesuaikan dengan jaringan masing-masing.  

Setelah itu akan terlihat apa saja yang telah disharing oleh komputer tersebut, salah satunya ada printer. Nah, pada printer tersebut klik kanan kemudian pilih Connect… . Tunggu beberapa saat sampai proses Connecting selesai.

Setelah selesai, dan komputer kita sudah bisa mengakses printer yang disharing tadi, kita bisa tes mencetak sebuah dokumen. Biasanya sebelum mencetak, kita diberikan opsi untuk memilih printer mana yang akan digunakan. Nah, pada opsi ini kita pilih printer yang disharing, cirinya adalah setelah nama printer pasti tertulis IP address dari komputernya. Setelah memilih printer tersebut baru kita melakukan pencetakan dokumen.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?