slot ekspendasi adalah suatu papan sirkuit yang terintegasi dengan motherboard dan digunakan untuk menancapkan komponen tambahan komputer yang berupa kartu ekspendasi,seperti VGA card,sound card,LAN card,dan lainnya.slot ekspendasi juga disebut dengan nama socket.

slot ekspendasi memiliki fungsi sebagai tempat menancapkan komponen tambahan komputer.

jenis-jenis slot ekspendasi

1.slot AGP(ACCELERATED GRAPHICS PORT)

slot AGP adalah slot yang bekerja khusus sebagai pendukung kartu grafis bekinerja tinggi,mengganti BUS ISA,BUS VESA,atau BUS PCI yang sebelumnya digunakan.slot AGP bersifat independen dari PCI dan pertama kali diciptakan juli tahun 1996 oleh intel dalam seri chipset.

2.slot ISA(INDUSTRY STANDARD ARCHITECTURE)

slot ISA adalah slot tertuayang memiliki 8bit memiliki kecepatan transfer 4.77Mb/dtk.slot isa memiliki 62 konektor.meskipun desain nya sederhana,IBM tidak langsung mempublikasikan spesifikasinya saat diluncurkan IBM PC 5150.selanjutnya slot ISA 16 bit dikembangkan dengan menambahkan 36 konektor.

3.slot PCI(PERIPHERAL COMPONENT INTERCONNECT)

tujuan dibentuknya slot PCI ini adalah untuk menggantikan slot ISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.slot PCI masih digunakan sampai sekarang,hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express.tetapi tujuan utama dari slot PCI adalah untuk memungkinkan akses langsung ke CPU untuk pengganti memori.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?