Pada sebuah motherboard komputer terdapat sebuah komponen utama yang kita kenal dengan istilah chipset. Pada Motherboard komputer, komponen  chipset ini biasanya berjumlah dua buah, tetapi ada juga yang berjumlah satu buah.

Southbridge adalah IC pada motherboard yang bertanggung jawab untuk pengontrol hard drive, I/O controller, dan perangkat keras terintegrasi. Perangkat keras terintegrasi dapat menyertakan kartu suara dan kartu video jika pada motherboard, USB, PCI, ISA, IDE, BIOS, dan Ethernet.Meskipun southbridge menangani sebagian besar perangkat I / O, perangkat input / output yang kurang menonjol, seperti port serial, keyboard, dan mouse non-USB ditangani oleh SIO (super input / output).

fungsi Southbridge controller:

Southbridge berfungsi untuk mengelola bentuk dasar input / output (I / O) seperti Universal Serial Bus (USB), serial, audio, Integrated Drive Electronics (IDE), dan I / O Arsitektur Standar Industri di komputer. Southbridge adalah salah satu dari dua chipset yang secara kolektif disebut Northbridge / Southbridge. Northbridge mengontrol prosesor, memori, bus Peripheral Component Interconnect (PCI), cache Level 2, dan semua aktivitas Accelerated Graphics Port (AGP). Tidak seperti Northbridge, Southbridge terdiri dari satu chip, yang duduk di bus PCI Northbridge.

 Jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi dari shipset southbridge adalah sebagai berikut ini.

1.Mengendalikan atau mengontrol bus IDE, USB, keyboard, mouse dan kontroler terhadap komponen plug and play.

2.Mengendalikan fitur power management

Dalam sebuah moterboard komputer, chipset southbridge biasanya terletak disekitar port sata/IDE,pin panel depan . Biasanya chipset ini ada yang memakai pendingin tapi ada juga yang tidak memakai pendingin.

Dhuocreative menyediakan jasa serta pembelajaran khusus untuk komputer.untuk info lebih lanjut kli disinii -> www.dcsoftweb.com

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?