Pengertian Subnet Mask

Subnet mask merupakan sebuah teknik khusus yang digunakan untuk memecah atau membagi jaringan komputer sehingga menjadi subnetwork-subnetwork dengan ukuran yang lebih kecil. Kegiatan pemecahan ini biasanya dinamakan subnetting dan hanya bisa dilakukan terhadap IP Address yang terdiri dari kelas A, B dan C.

Pengerjaan kegiatan ini dapat menimbulkan dampak lain yaitu pengurangan jumlah maksimal host yang terdapat dalam tiap-tiap network. Karena itu dibutuhkan subnet mask calculator atau sistem perhitungan secara cermat.

Fungsi Subnet Mask

Fungsi subnet mask adalah untuk melakukan efisiensi alokasi IP Address pada suatu jaringan, sehingga penggunaan IP Address yang dimaksud bisa dijalankan secara lebih optimal.

Selain itu, ini juga bisa dipakai sebagai sarana atau media untuk mengatasi berbagai masalah terutama yang berkaitan dengan perbedaan media fisik dan hardware yang digunakan dalam suatu network. Fungsi lainnya yaitu untuk meningkatkan sistem keamanan sekaligus mengurangi resiko kongesti dan ketidakstabilan.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?