Virtual machine atau dikenal dengan mesin virtual merupakan sebuah rekayasa perangkat lunak yang dapat berperan seperti komputer fisik. Peran yang diambil seperti menjalankan tugas aplikasi, program, pengelolaan, pengolahan yang sifatnya terselesaikan dengan komputerisasi.

Pengertian Virtual Machine (VM)

Virtual Machine (VM) adalah sebuah file komputer yang biasanya disebut image, yang berperilaku seperti komputer yang sebenarnya bersumber dari Situs Microsoft. Dengan kata lain, virtual machine adalah alat yang membuat komputer di dalam komputer dan berjalan pada jendela, sama seperti program lain.

VM juga bisa digunakan untuk menginstal dan menggunakan operating system yang berbeda dari sistem operasi hardware tersebut.

Teknologi virtual machine banyak dipakai pada lingkungan cloud computing. Pasalnya VM bisa menjalankan operating systemnya sendiri dan berfungsi secara terpisah dengan perangkat.

Tujuan dan Fungsi Virtual Machine

Tujuan utama Virtual Machine adalah untuk mengoperasikan beberapa sistem operasi pada saat bersamaan, dari perangkat keras yang sama. Tanpa virtualization, mengoperasikan beberapa sistem (seperti Windows dan Linux) akan membutuhkan 2 unit fisik yang terpisah.

Virtual Machine (VM) berfungsi dan berguna untuk bereksperimen dengan berbagai sistem operasi dan aplikasi tanpa harus menginstalnya pada perangkat keras fisik.

Keuntungan lain adalah apa pun yang kamu lakukan di dalam Virtual Machine (VM), yaitu adalah sandbox dari sisa sistem. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menjalankan perangkat lunak yang tidak didukung oleh sistem operasi host milik kamu.

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Machine

Virtual machine adalah salah satu teknologi canggih multifungsi yang bisa meningkatkan produktivitas dan kolaborasi sebuah proyek, namun dibalik kelebihannya VM juga memiliki kekurangan, untuk mengetahuinya, berikut penjelasan lengkapnya:

Kelebihan VM

Berikut dibawah ini merupakan beberapa kelebihan, jika dibandingkan dengan sistem computing konvensional, seperti:

  • Efisien & fleksibel — dalam satu device, pemakai bisa memanfaatkan berbagai macam operating system untuk kebutuhan yang berbeda-beda.
  • Maintenance yang mudah — berbeda dengan komputer fisik, software virtual machine lebih mudah untuk dikelola. Selain itu, VM juga mempunyai biaya perawatan yang lebih murah.
  • Kinerja yang hebat — memberdayakan pemakai guna mencapai tujuan akhir mereka dengan kinerja serta kualitas yang bisa melampaui sistem computing konvensional.

Kekurangan VM

VM ini bisa membuat virtualisasi sistem yang terbilang kompleks dan cukup banyak memakan lokasi hardware di komputer utama. Selain itu juga memakan ruang penyimpanan data virtual yang lumayan besar dan mengambil sebagian fungsi prosesor dan RAM. 

Demikianlah pembahasan lengkap tentang virtual machine, terlepas dari itu Dhuo Creative juga menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?