VLAN atau Virtual Local Area network adalah salah satu informasi yang harus kamu ketahui. Jika dibandingkan dengan LAN, jaringan versi virtual ini otomatis mampu memberikan fleksibilitas tinggi untuk menunjang proses adaptasi dan perubahan karena administrasinya sudah disederhanakan.

Pengertian VLAN

VLAN adalah perangkat yang ada di satu atau lebih jaringan LAN dan dikonfigurasikan oleh perangkat lunak sehingga dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya seolah-olah berada di saluran yang sama.

VLAN merupakan sebuah jaringan yang berada di dalam Local Area Network (LAN) sehingga dalam satu jaringan LAN bisa terdiri atas lebih dari satu jaringan VLAN. Konfigurasi jaringan Virtual Local Area Network (VLAN) dilakukan oleh perangkat lunak atau software. 

Fungsi VLAN

Fungsi VLAN adalah untuk mengakomodir konfigurasi pada jaringan komputer fisik menjadi beberapa domain siaran.

Jalur yang dihasilkan oleh VLAN tersebut masih melewati perangkat penghubung yang sama. Biasanya dikonfigurasikan dengan mikrotik atau cisco.

Manfaat VLAN

Berikut ini merupakan beberapa manfaat VLAN yang harus kamu ketahui.

1.Menambah Keamanan

VLAN dapat bermanfaat untuk membatasi akses ke berbagai data sensitif tersebut sehingga mengurangi potensi penyalahgunaan akses dari orang tidak bertanggung jawab.

2.Efisiensi Biaya

VLAN juga mendapatkan fasilitas dan fitur-fitur dari LAN tanpa harus repot-repot menyiapkan kabel. Hal ini sangat efektif dan efisien karena perusahaan bisa menghemat biaya pembelian kabel LAN ketika ada komputer baru yang ingin dihubungkan. 

3.Tidak Perlu Mengatur Ulang Jaringan Komputer

Jaringan VLAN dapat memindahkan komputer kapan saja dan dimana saja tanpa harus mengatur ulang jaringan LAN. 

4.Peningkatan Kinerja yang Lebih Baik

VLAN dapat membuat layer datar 2 jaringan menjadi beberapa grup kerja logis guna mengurangi beban traffic pada jaringan. Hal ini bertujuan untuk memisahkan antara jaringan non esensial dan jaringan penting sehingga performanya semakin optimal.

5.Memudahkan Administrasi

Manfaat VLAN berikutnya adalah penyederhanaan proses administrasi. Dengan adanya jaringan VLAN sebuah komputer server tidak perlu datang langsung ke area komputer server untuk masuk ke jaringan.

Jenis-Jenis VLAN 

VLAN juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya.

1.VLAN default

VLAN default adalah sebutan untuk menamai konfigurasi sejak sakelar pertama kali dinyalakan. Jenis VLAN ini masih standar dengan semua port switch yang tersedia dan terhubung dalam fungsi dasar.

2.Data VLAN

VLAN ini memiliki fungsi utama untuk mengatur lalu lintas data yang terjadi dalam sebuah jaringan VLAN.

3.VLAN Suara

VLAN Suara adalah jaringan yang sudah mendukung layanan VoIP dan sudah dirancang khusus untuk menunjang kebutuhan komunikasi berbasis suara. 

4.Management VLAN

VLAN yang satu ini adalah sistem jaringan virtual Local Area Network yang dikonfigurasikan untuk kebutuhan saklar management.

5.VLAN asli

VLAN asli adalah jaringan VLAN yang dikembalikan ke port jika tidak memiliki tag atau tidak ada di bagasi.

Itulah penjelasan terkait apa itu VLAN lengkap dengan manfaat dan jenis-jenisnya. 

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?