VPS adalah salah satu jenis website hosting yang saat ini banyak digunakan. Untuk mengetahui lebih dalam, mari pahami apa itu VPS hosting serta kelebihan dan kekurangannya di artikel ini.

Pengertian VPS

Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah server fisik yang keseluruhan teknologi dan kemampuannya digunakan oleh satu pengguna saja, sehingga tak ada pengaruh dari pengguna lain. Seorang pengguna VPS juga dapat mengubah berbagai pengaturan dan konfigurasi dari server tersebut sesuai kebutuhannya.

Fungsi VPS

Setelah kita membahas tentang pengertian VPS, Selanjutnya kita akan membahas fungsi atau kegunaan dari VPS. Berikut ini adalah beberapa fungsi VPS yang paling sering diterapkan oleh para penggunanya:

1. Server Website

Sebagian besar pengguna memfungsikan VPS ini sebagai server untuk sebuah website atau web hosting.

2. Sebagai File Hosting

Selain untuk menyimpan file halaman website, VPS juga dapat digunakan untuk menyimpan file pribadi agar dapat diakses secara online melalui koneksi jaringan internet.

Sebagian besar layanan shared hosting melarang pengguna untuk menyimpan file pribadi yang tidak terkait dengan website karena dapat membebani server. Tetapi saat kita menyewa sebuah VPS, kita dapat menggunakannya untuk meyimpan file pribadi karena resource untuk server virtual tersebut sudah sepenuhnya menjadi hak guna kita dan tidak akan berdampak terhadap penyewa lain.

3. Server untuk Remote Desktop

Pada dasarnya, VPS  untuk remote desktop dapat digunakan sebagai komputer jarak jauh yang dapat mereka gunakan kapan saja dan di mana saja.

4. Sebagai Layanan VPN

Beberapa pengguna memfungsikan VPS mereka sebagai sebuah server untuk Virtual Private Network (VPN). VPN sendiri adalah sebuah jalur koneksi pribadi yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah terdaftar dan memiliki akses.

5. Untuk Hosting Aplikasi

Seringkali orang yang menyewa VPS untuk dijadikan hosting aplikasi buatan mereka. Sebagai jenis web hosting yang memiliki kapasitas besar dan hardware dengan spesifikasi tinggi, VPS tentu menjadi sebuah solusi hosting yang tepat untuk aplikasi mobile

6. Sebagai Backup Server

Fungsi VPS yang lainnya adalah sebagai server cadangan.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan VPS yang perlu diketahui sebelum kita memilih VPS:

Kelebihan VPS

  • Lebih terjangkau dibanding dedicated server.
  • Dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan.
  • Pengaturan lebih cepat dibandingkan dedicated server.
  • Lebih aman dibandingkan shared hosting.
  • Dapat di-upgrade dengan mudah.

Kekurangan VPS

  • Tidak sekuat dan secanggih dedicated server.
  • Membutuhkan pengetahuan teknis untuk mengatur dan mengatasi masalah.
  • Tidak memiliki kendali penuh terhadap hardware server.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?