WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. 

WhatsApp awalnya didirikan oleh dua mantan karyawan Yahoo!, Brian Acton dan Jan Koum. Aplikasi kemudian diluncurkan pertama pada November 2009, setelah pengujian. Awalnya, WhatsApp hanya eksklusif hadir di App Store.Hingga selang beberapa tahun kehadiran WhatsApp semakin dicintai pengguna. Bahkan pada 2013, WhatsApp mengklaim memiliki 400 juta pengguna aktif.

Hingga saat ini memang, fitur pada WhatsApp sudah sangat canggih. Aplikas ini bisa digunakan untuk berkirim gambar, video, suara, video call, panggilan grup, dan banyak lagi. Namun, beberapa kasus penyerangan kepada WhatsApp juga sering terjadi.

Pada 2017, salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton memilih mundur dan memulai bisninya sendiri dan mengembangkan Signal. Lalu Jan Koum juga menyusul keluar pada April 2018. Saat ini WhatsApp dikepalai oleh Chris Daniels.

Kelebihan WhatsApp

1. Kontak yang ada di hp akan otomatis sinkronisasi

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh WhatsApp adalah aplikasi ini akan otomatis melakukan sinkronisasi terhadap kontak Anda. Jadi, ketika Anda selesai menambahkan kontak atau nomor baru dan kemudian ingin menghubungi orang tersebut. Maka Anda tidak perlu menghubungkan atau mensinkronkan antara kontak telepon dengan kontak WhatsApp karena sudah otomatis sinkron.

Tentunya dengan kelebihan seperti ini maka penggunaan WhatsApp menjadi lebih efisien. Anda juga tidak perlu membuang waktu Anda hanya untuk menghubungkan kontak Anda tersebut.

2. Mudah digunakan

Sudah bukan rahasia lagi jika WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang mudah digunakan. Bahkan orang yang baru megang smartphone pun tidak akan kesulitan ketika menggunakan WhatsApp pertama kali. Selain itu, aplikasi ini juga tidak harus membutuhkan registrasi yang rumit yang menyita banyak waktu Anda. Yang Anda perlukan hanyalah memiliki nomor aktif yang akan Anda jadikan sebagai nomor WA Anda.

Selain itu, WhatsApp juga tidak terbatas pada merk smartphone dan sistem operasi. Semua merk hp dan sistem operasi sudah kompatibel dengan salah satu aplikasi chatting terbaik dan paling banyak digunakan di seluruh dunia ini.

3. Kustomisasi yang mudah

WhatsApp adalah aplikasi open source yang bisa membuat para pengguna mudah ketika hendak melakukan beragam pengaturan sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Anda akan dimanjakan dengan fitur kustomisasi dimana Anda bisa dengan mudah mengubah profil, username, background chat, memblokir nomor, dan lain sebagainya.

4. Hadirnya back up chat

Apakah Anda tahu bahwa WhatsApp menyediakan fitur yang mana Anda tidak akan kehilangan riwayat pesan seseorang? WhatsApp sudah menyediakan fitur yang membuat para pengguna bisa mencadangkan atau mem-back up pesan dari siapapun yang diinginkannya. Artinya, pesan tersebut tidak akan pernah hilang selagi pengguna WhatsApp mem-back upnya.

Jadi, bagi teman teman yang tidak ingin kehilangan momen pembahasan atau chatting dengan orang yang menurut kalian spesial,Anda bisa mencadangkan riwayat pesannya tersebut untuk kemudian Anda baca kembali suatu saat nanti.

5. Tersedia fitur stories

Seperti informasi yang kami jelaskan bahwa WhatsApp memiliki fitur yang sama dengan Instagram. Fitur tersebut bernama stories yang sebenarnya cara penggunaan dan fungsinya juga sama. Anda bisa berbagai momen maupun menuliskan status Anda, baik berupa tulisan maupun hanya ingin menampilkan video.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menyaring siapa saja orang yang berhak menonton stories Anda tersebut.Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir status Anda akan dilihat oleh orang lain yang tidak Anda inginkan.

Kekurangan WhatsApp

1. Emoticion yang kurang menarik

2. Sering minta update

3. Volume data yang cukup besar

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?