WordPress adalah sebuah platform pembuat website yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Bagi para pemula yang ingin membuat website, sangat direkomendasikan menggunakan WordPress. Platform ini juga memiliki keunggulan lain yaitu  bersifat open source dan layanan yang diberikan gratis. Keunggulan inilah yang membuat WordPress banyak disukai oleh para pemula yang ingin memiliki website dengan cara yang mudah namun memiliki tampilan yang tidak kalah bagus dan bervariasi dengan berbagai macam niche dan tema.

Pengertian WordPress


WordPress adalah platform CMS yang paling banyak digunakan saat ini. Plarform ini merupakan salah satu Content Management System yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. 

Sekarang terdapat 2 jenis alamat WordPress yang berbeda yang bisa digunakan hari ini. Alamat tersebut adalah WordPress(dot)com dan WordPress(dot)org. Bagi para pengguna WordPress yang menginginkan membuat blog secara cepat dan mudah bisa menggunakan alamat WordPress(dot)com. Sedangkan bagi mereka yang memiliki kebutuhan dan keinginan untuk mengkostumisasi website dapat menggunakan alamat WordPress(dot)org.

Fitur-Fitur WordPress

1.Post

Post adalah fitur utama apabila pengguna WordPress akan mempublikasikan artikel. Semua penggunaan fitur yang ada di WordPress ini sangatlah mudah dengan tinggal klik saja lalu akan muncul sub menu klik add new atau all post.

2.Pages

Di dalam fitur pages ini tidak terdapat kategori. Selain itu, fitur ini berfungsi untuk menampilkan sitemap, privacy policy, contact, dan masih banyak lagi. Disinilah tempat yang cocok bagi pengguna untuk membuat halaman baru selain itu pengguna juga bisa menambahkan deskripsi blog, kontak, dan lain sebagainya.

3.Media

Fitur media ini sesuai dengan namanya biasanya digunakan untuk menambahkan gambar, video, dan media lainnya pada sebuah postingan artikel. Cara untuk menggunakan media ini terdapat 2 cara, pertama bisa dilakukan dengan mengklik di kumpulan menu sebelah kiri atau juga bisa langsung mengeditkan di halaman utama.

4.Comment

Sesuai dengan namanya menu comment ini digunakan oleh pengguna WordPress untuk mengelola komentar yang masuk pada sebuah artikel yang sudah di posting.

5.Appearance

Di dalam menu ini terdapat banyak sekali themes atau template yang bisa digunakan oleh pengguna. Template yang disediakan oleh wordpress ini banyak sekali yang memiliki tampilan yang bagus.

6.Plugins

Di wordpress terdapat menu plugins yang bisa digunakan untuk memilih fitur-fitur yang akan mendukung sebuah website. Di dalam wordpress tersedia banyak sekali plugins yang dapat mendukung berbagai jenis website, baik itu website toko online, blog, profil, dan lain-lain.

7.Tools

Fitur tools ini akan membantu seorang pengguna WordPress apabila pengguna ingin melakukan perpindahan website ke website lainnya. Cara kerjanya fitur ini akan melakukan import dan export seluruh isi website.

8.Users

Fitur user digunakan atau memiliki fungsi untuk melihat pengguna sebuah website wordpress. Di dalam fitur user ini juga bisa diatur tingkatan hak akses pengguna untuk login dalam website dan  juga pengguna bisa mengatur password serta keamanan website/blog.

9.Setting

Bagi seorang pemula sangat disarankan sekali untuk menguasai menu ini, agar nantinya dalam mengembangkan sebuah website keseluruhan dan mempermudah dalam mengatur plugins atau menginstall plugins.

Fungsi dari WordPress

Pada umumnya WordPress  digunakan sebagai CMS untuk membuat berbagai macam website seperti website blog, website toko online, website pribadi, website perusahaan dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah fungsi-fungsi WordPress dalam membuat berbagai website/blog :

  1. Membuat Website Pribadi dan Blog.
  2. Membuat Website Perusahaan
  3. Membuat Website Toko Online

Cara Kerja WordPress Untuk Website

Cara kerja WordPress pada sebuah website/blog pada umumnya membantu website tersebut terbuat  dan bisa dipublikasikan atau launching ditengah arus banyaknya website dan blog dari seluruh dunia.  Membawa banyak  kemudahan dukungan, para pengguna  pemula tidak perlu khawatir ketika membuat WordPress untuk pertama kalinya karena platform ini menekankan pengalaman user friendly dan pemahaman yang mudah tanpa menuntut bahasa pemograman.

Salah satu cara membuat akun di WordPress adalah dengan mendaftarkan diri dan mendapatkan akun untuk domain nantinya. Pengguna WordPress juga dapat membeli domai dan web hosting mereka langsung dari WordPress yang menyediakan banyak variasi kebutuhan yang bisa dipilih. Lalu kita dapat melakukan instalasi baik di desktop maupun  membukanya melalui perangkat pintar.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?