Accelerometer bisa dibilang sebagai teknologi sederhana yang menjadi bagian dari teknologi canggih yang berfungsi mengukur gerakan akselerasi suatu objek. Ia dapat mengukur kecepatan dan gerak, dan dengan demikian mampu menentukan sudut di mana instrumen dipegang.Pengukuran dinamis adalah pengukuran percepatan pada objek bergerak, sedangkan pengukuran statis adalah pengukuran terhadap gravitasi bumi. Contohnya seperti mengukur getaran yang terjadi pada kendaraan, bangunan dan mesin. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengukur getaran yang terjadi di dalam bumi, getaran mesin, jarak yang dinamis, dan kecepatan dengan ataupun tanpa pengaruh gravitasi bumi.

Sesuai dengan namanya, prinsip kerja dari accelerometer adalah prinsip percepatan (acceleration). Misalkan suatu per yang memiliki beban dilepaskan kemudian beban bergerak dengan suatu percepatan sampai pada kondisi tertentu hingga berhenti. Apabila terjadi goncangan maka beban akan berayun kembali. Pengukuran tersebut juga merupakan hasil pengukuran chip. Apabila menghendaki sensor untuk dapat mendeteksi 3 dimensi maka Anda membutuhkan 3 pasang plat yang dipasang tegak lurus antar masing-masing chip.

Fungsi Accelerometer

Accelerometer memiliki beberapa fungsi, akan tetapi fungsinya akan menjadi berbeda bergantung pada alat yang digunakan. Pada ponsel misalnya, accelerometer memiliki fungsi shake control. Pada saat Anda menggoyangkan telepon, seketika fitur pada telepon pun berubah. Misalnya saat Anda memutar lagu kemudian dapat berganti ke playlist selanjutnya. Atau bisa juga saat Anda mengganti tampilan layar dari vertikal ke horizontal. Berbeda halnya pada kamera video, accelerometer disini berfungsi untuk menstabilkan tangkapan gambar sehingga bisa meminimalkan blur kamera.

Fungsi lainnya dari accelerometer adalah sebagai pedometer atau dengan kata lain penghitung langkah. Fungsi akan nampak saat Anda berolahraga lari. Accelerometer digunakan pada gadget sebagai monitor banyaknya langkah saat Anda berlari. Contohnya adalah kerjasama antara Apple dan produk Nike, dimana Nike mengeluarkan produk sepatu yang dapat berkomunikasi dengan pemutar lagu pada Ipod. Selain itu juga bisa mengirimkan data tentang langkah kaki yang dilakukan, jumlah kalori yang berhasil dibakar dan berapa lama waktu bergerak.

Kelebihan dan Kelemahan Accelerometer

Accelerometer banyak dilirik karena memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, hasil pengukuran sudut tegak lurus juga dinilai sangat akurat terutama ketika sistem sedang diam. Walaupun teknologi ini dapat dikatakan canggih namun pada prakteknya juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa kelemahannya yaitu respon yang lambat, boros baterai dan hanya mampu membaca dalam dua sumbu yaitu atas dan bawah.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?