Berjualan produk atau jasa melalui Whatsapp? Whatsapp tidak hanya bisa kamu gunakan untuk melayani customer, tetapi juga bisa untuk mengembangkan bisnis. Salah satu cara bisnis online lewat Whatsapp yang dapat kamu jalankan untuk mendongkrak penjualan adalah dengan memanfaatkan conversational commerce platform.

Conversational commerce platform atau chat commerce memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara personal. Berhubungan langsung dengan customer akan membantumu membangun kepercayaan mereka akan bisnismu. 

Berikut beberapa cara jualan lewat Whatsapp via chat commerce yang dapat mendukungmu mengelola penjualan dengan lebih baik lagi. 

Berikan Rekomendasi

Kamu bisa memberikan pengalaman belanja yang lebih menyenangkan bagi customer dengan memberikan mereka rekomendasi produk yang terpersonalisasi. Misalnya memberikan rekomendasi produk berdasarkan kebutuhan mereka atau produk yang terakhir mereka beli. 

Ini juga memberikan kamu kesempatan untuk melakukan up selling dan cross-selling saat menjalankan cara bisnis online lewat Whatsapp. Misalnya kamu menjual produk fashion dan seorang customer sebelumnya telah membeli atasan, kamu bisa merekomendasikan bawahan yang cocok dengan atasan tersebut.

Pada fitur chat commerce SIRCLO Store, kamu bisa mengirimkan rekomendasi produk langsung dari katalog yang terhubung pada dashboard. Ini akan mempercepat proses rekomendasi serta memudahkan calon pembeli untuk mengakses produk-produkmu.

Kirim Notifikasi Promo

Setiap customer suka dengan diskon dan promo. Maka itu, kamu bisa memanfaatkan fitur chatbot atau pesan otomatis untuk mengirimkan notifikasi promo kepada pelanggan. Personalisasi promo dengan mengelompokkannya berdasarkan segmentasi audiens.

Misalnya kamu bisa mengadakan program yang memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan yang sudah bertransaksi lebih dari 2 kali di tokomu. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan voucher potongan bagi customer atau leads baru agar mereka terdorong untuk berbelanja.

Proses Pesanan Secara Langsung

Proses transaksi yang efisien dapat mengurangi risiko cart abandonment dimana customer tidak jadi melakukan pembelian. Agar hal ini tidak terjadi dalam cara jualan lewat Whatsapp, kamu bisa memanfaatkan fitur in-chat purchase yang tersedia pada chat commerce SIRCLO Store.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk memproses order dalam conversational commerce platform baik secara otomatis ataupun dengan bantuan admin. Alhasil customer bisa melakukan transaksi secara efisien. 

Selain itu, metode pembayaran di SIRCLO Store juga terintegrasi dengan berbagai platform pembayaran seperti kartu kredit, virtual account, dan dompet digital. Jadi customer bisa memilih cara transaksi yang sesuai dengan metode yang biasa mereka gunakan.

Kirim Pesan Pengingat

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi tingkat cart abandonment adalah dengan mengirimkan pesan pengingat kepada customer. Contohnya kamu bisa mengirimkan pengingat bagi customer yang sudah memiliki item di shopping cart mereka tetapi belum melakukan transaksi. Kamu bisa memberikan promo khusus bagi mereka atau memberi notifikasi bahwa item pada shopping cart mereka persediaannya terbatas sehingga mereka segera melakukan transaksi. 

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengingatkan customer yang sudah melakukan transaksi tetapi belum menyelesaikan pembayaran. Berikan batas waktu pembayaran agar tidak ada order yang tertunda.

Berikan Respons yang Cepat

Salah satu cara bisnis online lewat Whatsapp yang wajib untuk diperhatikan adalah waktu respons. Waktu respons yang cepat memberikan kesan bahwa bisnismu profesional dan memperhatikan kualitas layanan. 

Namun, semakin banyak order akan semakin sulit bagi kamu untuk mengelola pesanan dan merespons chat sendiri. Untuk itu, kamu bisa menambah admin untuk mengurus chat yang masuk dan merespons pertanyaan dari customer. Di chat commerce SIRCLO Store, dashboard dapat dikelola oleh lebih dari satu pengguna sehingga kualitas layanan pelanggan bisnismu tetap terjaga. 

Manfaatkan Chatbot

Merespons setiap chat yang masuk dapat memakan waktu yang cukup lama. Padahal ada banyak hal yang harus kamu kerjakan mulai dari memproses order, mengirim barang, menganalisis performa penjualan, dan banyak lagi.

Agar chat yang masuk tidak terabaikan, kamu juga bisa memanfaatkan chatbot untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar atau yang sering ditanyakan. Misalnya untuk menjawab pertanyaan seputar informasi produk, jam operasional, status pengiriman, dan lainnya. Ini akan membuat cara jualan lewat Whatsapp lebih efisien.

Conversational commerce platform memiliki banyak manfaat yang dapat menjadi solusi untuk pengelolaan penjualanmu.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?