source image : unsplash.com

Sebagai seorang yang baru saja mengenal programming atau biasa di sebut koding, tentu ada kala nya kita merasa kesulitan dalam mempelajari koding tersebut, bahkan ada yang sampai tidak mau lagi untuk mempelajari koding karena mereka menganggap koding itu sulit.

Yang membuat koding itu sulit dipelajari adalah karena cara belajar yang kurang pas dan tidak teratur dan tidak terarah. Sebenarnya belajar koding itu tidaklah sulit untuk dipelajari asalkan kita punya cara belajar yang baik dan terarah.

Oke, kita akan bahas tuntas tips apa saja yang bisa bikin belajar koding terasa lebih mudah dan menyenangkan, simak tips nya dan jangan membacanya terburu-buru.

1. Mengetahui sejarah dari bahasa pemrograman yang akan dipelajari

source image : unsplash.com

Kenapa harus tau sejarahnya?
Itu karena semua bahasa pemrograman itu diciptakan untuk melakukan tugas yang berbeda-beda.

Ada bahasa pemrograman yang diciptakan khusus untuk menangani formulir yang diisi oleh user di website, seperti bahasa PHP (Hypertext Pre Processor).

Ada bahasa pemrograman yang diciptakan untuk membagun aplikasi android, seperti bahasa KOTLIN.

Ada bahasa pemrograman yang diciptakan untuk membuat sebuah game dan robot seperti bahasa C++, JAVA, C# dan lainnya.

Jadi, dengan mengetahui sejarah dari bahasa pemrograman tersebut, kita akan semakin kenal dan mudah untuk memahami, dan mudah untuk mempelajarinya karena kita sudah tau tujuan bahasa pemrograman itu dibuat.

2. Menguasai sintaks

source image : unsplash.com

Apa itu sintaks ?

Sintaks adalah aturan penulisan code bahasa pemrograman yang telah ditetapkan aturan penulisannya oleh si pembuat bahasa pemrograman tersebut

DHuo creative

Contoh :

Dibawah ini adalah sintak bahasa pemrograman PHP (Hypertext Pre Processor)

<?php
   // code here
?>

Setiap memulai script PHP, kita wajib menuliskan code di atas terlebih dahulu, itu aturan yang tidak boleh dilanggar, karena sudah ditetapkan oleh si pembuat bahasa pemrograman tersebut.

Jadi dengan menguasai sintaks bahasa pemrograman, kita akan lebih mudah untuk mempelajarinya.

3. Mempelajari bahasa pemrograman dari awal / dasar

source image : unsplash.com

Mempelajari bahasa pemrograman dari awal itu seperti belajar mendefinisikan variable, belajar membuat function, belajar perulangan, belajar pengkondisian, dan lainnya.

Dengan mempelajari dasar-dasarnya, secara otomatis kamu akan mahir dalam menuliskan sintaks, sehingga akan meminimalisir terjadinya sintaks error. Apa itu sintaks error.

4. Membuat aplikasi sederhana

source image : unsplash.com

Setelah menguasai 3 point diatas, langkah selanjutnya adalah membangun aplikasi sederhana, jadi di point 4 ini, kamu akan menggabungkan apa yang telah kamu pelajari sebelum-sebelumnya sehingga menghasilkan suatu karya aplikasi.

Sebagai saran, buatlah aplikasi sederhana sebanyak mungkin supaya pengalaman kamu juga bertambah, semakin bertambah pengalaman kamu, bertambah mahir juga skill kamu dalam koding.

Percayalah, skill koding kamu akan semakin bagus karena banyaknya error yang telah kamu temukan solusinya, jadi apabila ada orang yang bertanya ke kamu, mudah-mudah kamu akan tau jawabannya dan memberi solusi untuk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?