Membuat sebuah karya animasi pastinya memiliki tantangan tersendiri. Bila dibandingkan dengan pembuatan video biasa, bisa dikatakan jika pembuatan video animasi jauh lebih rumit. Meskipun begitu, bukan berarti pembuatan video animasi tidak bisa dipelajari sama sekali. Bagi kamu yang sedang kuliah animasi atau kursus animasi, ada beberapa cara untuk mempermudah belajar animasi. Menurut Kenny Roy, salah satu penulis Sams Teach Yourself Maya in 24 Hour, ada 10 langkah mudah untuk belajar animasi, antara lain:

1. Tetap Disiplin. 

Bagi para pemula, kunci utama membuat animasi adalah tetap disiplin mencoba dan mencoba. Untuk awalan kamu bisa memanfaatkan beberapa aset yang tersedia secara online dan gratis. Misalnya unduh beberapa rig karakter gratis yang tersedia online dan mulailah membuat animasi. Jangan langsung terjebak mempelajari cara membuat model karakter atau membuat rig. Belajarlah secara perlahan dan tetap disiplin.

2. Lakukan Journaling

Melakukan journaling atau membuat catatan pengalaman belajar adalah sesuatu yang bermanfaat. Kamu bisa memulainya dengan mencatat capaianmu setiap beberapa jam kamu mengerjakan karya seni. Pada awalnya, ini hanya akan menjadi catatan kecil yang berbicara tentang apa yang sedang kamu kerjakan dan bagaimana kamu melakukannya. Namun pada akhirnya catatan inilah yang akan memberi kamu pemahaman yang baik tentang apa yang perlu diperbaiki.

3. Membangun Relasi

Dengan lusinan forum online, grup Facebook, dan pelatihan yang ada, maka mudah untuk menemukan ratusan orang dengan ketertarikan yang mirip dengan kamu. Membangun relasi tidak hanya berfungsi untuk bertukar pikiran atau berbagi pengetahuan tentang teknik-teknik animasi terbaru. Tapi bisa jadi jaringan tersebut akan mendukung karir kamu sebagai seorang animator nantinya.

4. Dapatkan Feedback

Jaringan yang sudah kamu buat berfungsi untuk berbagi teknik, mendiskusikan bisnis atau bahkan bersimpati. Jadi tak ada salahnya untuk menunjukkan karya animasimu kepada mereka. Hal ini bertujuan agar kamu mendapat feedback sehingga tau apa-apa saja yang harus diperbaiki untuk kedepannya.

5. Berikan Feedback

Banyak dari para pemula yang biasanya hanya memposting karyanya di forum online, berharap mendapat feedback. Namun, sebenarnya kamu juga harus berani untuk menyuarakan pendapatmu dan memberikan masukan pada karya animasi orang lain. Hal ini bertujuan untuk menguatkan konsepmu tentang animasi.

6. Tetapkan Jadwal

Membuat jadwal merupakan hal yang penting juga untuk menetapkan tujuan. Setidaknya dengan jadwal yang sudah disusun, kamu menjadi lebih bersemangat untuk mencapai tujuan tersebut.

7. Hilangkan Distraksi

Dalam membuat animasi, dibutuhkan konsentrasi penuh untuk tetap fokus. Oleh karena itu, hilangkan hal-hal yang mungkin akan mengganggu kamu saat mengerjakan animasi, seperti YouTube atau sosial media. Karena hal tersebut dapat membuang banyak waktumu, atau malah membuat kamu malas membuat animasi.

8. Buat Ruang Kerja yang Nyaman

Ruang kerja adalah salah satu hal yang penting, mengingat pekerjaan membuat animasi membutuhkan konsentrasi dan ketenangan. Tidak perlu tempat yang luas, tapi setidaknya ada meja dan kursi yang nyaman dan penerangan yang baik.

9. Carilah Mentor

Cobalah untuk mencari seorang mentor yang mungkin lebih ahli, baik dari segi permodelan, animasi atau tekstur. Hal ini bertujuan agar kamu punya teman untuk berdiskusi serta seseorang yang bisa secara netral mengomentari karyamu.

10. Bersenang-senanglah!

Menjadi seorang animator adalah salah satu jenjang karir yang begitu bebas dan menggairahkan. Jadi buatlah kesempatanmu belajar animasi semenyenangkan mungkin.

X