Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Dalam Menulis Bisnis Plan

Kita sebagai manusia pasti sangat ingin menjadi seseorang yang kaya raya untuk dapat memilih hidup yang lebih baik untuk kedepannya. Nah pasti diantara kita ada yang sedang bekerja atau pun sedang belajar. Jadi kalau bisa kita gunakan waktu kita untuk melakukan hal yang lebih baik agar menjadikan hidup kita menjadi lebih berguna.

Nah salah satunya adalah kita harus membuat usaha. Jadi apakah teman-teman sudah apa saja cara untuk membuat bisnis. Salah satu cara untuk membuat bisnis antara lain adalah mengetahui apa itu busines plan.

Apa yang dimaksud dengan bisnis plan?Bisnis plan adalah suatu panduan atau dokumen tertulis bersifat formal yang berisi rencana perusahaan. Dapat disebut juga bahwa bisnis plan adalah proyeksi dari tujuan, target serta sistem operasional perusahaan secara detail.

Berikut ini adalah cara melakukan business plan.

  1. Melakukan riset bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada berbagai analisis yang harus dijalankan untuk membuat rencana bisnis. Maka dari itu, cara pertama untuk membuat business plan adalah dengan melakukan riset. Anda dapat menjalankan riset ini sendiri atau menggunakan jasa dari pihak lain.

Riset yang dilakukan harus relevan dengan bisnis Anda, dapat memberikan hasil untuk dimasukkan ke dalam rencana bisnis, dan dapat mengatasi sebagian besar masalah yang mungkin akan Anda hadapi saat melakukan bisnis di masa depan.

  1. Tentukan visi, misi, dan tujuan

Visi, misi, dan tujuan adalah hal yang penting dan harus ada di dalam sebuah organisasi. Ketiga poin tersebut selanjutnya akan menjadi pedoman semua orang yang terlibat di dalam perusahaan ketika sedang bekerja. Jadi Anda harus memastikan untuk membuat visi, misi, dan tujuan yang jelas.

  1. Membuat profil perusahaan

Cara membuat business plan selanjutnya adalah dengan membuat company profile atau profil perusahaan. Profil perusahaan adalah ringkasan yang memperkenalkan perusahaan Anda ke berbagai kalangan. Misalnya, Anda dapat memasukkan bagaimana sejarah perusahaan didirikan, produk apa yang disediakan, target pasar, serta kepemilikan sumber daya perusahaan.

  1. Catat semua transaksi keuangan

Pada titik tertentu, Anda akan memerlukan rencana bisnis untuk mengajukan investasi pada investor atau pihak lainnya.

Maka dari itu, dengan mencatat semua transaksi keuangan, investor dapat memahami arus kas perusahaan Anda dan lebih percaya diri untuk berinvestasi.

  1. Susun strategi pemasaran

Terakhir, cara membuat rencana bisnis sederhana adalah dengan menyusun strategi pemasaran dan rencana eksekusinya, termasuk konsep strategi, saluran promosi, hingga anggaran biaya yang diperlukan.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai rencana bisnis yang dapat kami sampaikan. Jika Anda sudah memiliki rencana bisnis yang matang tetapi membutuhkan pinjaman bank online untuk mengembangkan usahanya, Anda dapat melakukannya di OK! Bank. Semoga penjelasan cara membuat business plan ini dapat membantu Anda, ya!

Mau belajar tentang dunia IT silahkan kunjungi website Dhuo Creative.

Baca juga tentang apa itu business plan.

Nindya

Kamu Mau, Kamu Pasti Bisa

http://web.dhuocreative.com
X