Apa Itu VMware?

VMware adalah software virtualisasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat virtual machine.

Kegunaan VMware

Vmware dapat kita gunakan untuk membuat virtualisasi server, komputer, sistem operasi, storage device, aplikasi, networks, dan masih banyak lagi. Di area server, virtualisasi VMware bisa digunakan untuk memaksimalkan resource hardware server-memecah satu server fisik menjadi beberapa server virtual yang fungsional. Sedangkan di area penggunaan sehari-hari, VMware bisa kita manfaatkan untuk menjalankan sistem operasi di dalam sistem operasi, misalnya menjalankan Linux di dalam Windows begitu juga sebaliknya.

Cara Kerja VMware?

VMware digunakan untuk membuat layer hardware virtual di komputer kita. VMware akan membuat storage virtual, CPU virtual, RAM virtual, DVD ROM virtual, dan berbagai komponen virtual lainnya untuk kemudian menjadi virtual machine yang utuh.

Layer software yang disebut dengan hypervisor itulah yang secara dinamis mangalokasikan resource di komputer fisik ke virtual machine sesuai dengan yang dibutuhkan.

Begitu virtual machine tersebut diinstall sistem operasi, maka sistem operasi di virtual machine tersebut akan berjalan secara terisolasi di sistem operasi utama.

Setiap state dari virtual machine tersebut akan tersimpan dalam bentuk file yang nantinya bisa kita gandakan dan pindahkan dengan mudah.

Dengan begitu kita bisa menjalankan beberapa virtual machine dengan beberapa spesifikasi dan sistem operasi hanya dari satu komputer fisik.

X