Sebagai Desainer pemula kadang kita kebingungan aplikasi apa yang harus di pakai untuk mempelajari desain grafis, tentunya aplikasi itu harus bisa menunjang kebutuhan juga kemampuan seorang pemula pada umumnya, berikut adalah beberapa rekomendasi  aplikasi editing grafis  yang cocok di pakai oleh desainer pemula :

ADOBE ILUSTRATOR

Jika kalian ingin membuat desain vektor seperti tipografi, sketsa, flat design, icon, atau bahkan desain ilustrasi yang lebih kompleks seperti untuk kebutuhan video, Adobe Illustrator bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengerjakan itu semua.

Dengan Ilustrator, semua pekerjaan desain yang kamu kerjakan akan menjadi lebih cepat. Software desain ini juga hadir dengan berbagai macam fitur dan plugin yang sangat membantu sekali dalam membuat halaman web atau landing page menjadi lebih menarik.

Walaupun harganya terbilang cukup mahal, namun masih banyak orang yang menggunakanya karena sudah merasa nyaman atau terpenuhi kebutuhanya dalam mendesain,

Kekurangan dari apikasi ini sendiri yaitu

  • User Interface yang lumayan membingungkan bagi pemula
  • Gambar yang di tampilkan terlihat kurang realistis
  • Pengerjaan layout masih terbilang ribet untuk di gunakan
  • Spesifikasi komputer/laptop membutuhkan kualitas yang tinggi karena untuk menjalankan aplikasi Adobe Ilustrator akan memberatkan sistem kinerja PC.

CORELDRAW

Ini merupakan salah satu software paling populer untuk pemula selain photoshop. Karena memiliki banyak tools dan mudah digunakan, seperti twirl, smear, rapel, dan attract yang membuat editing vektor menjadi mudah. Terdapat video tutorial jika kamu membeli paket langganan atau lisensi software. Saat ini masih belum tersedia untuk Mac.

CorelDraw merupakan salah satu software desain vektor tanpa batas yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan CorelDraw, kamu mempunyai kontrol penuh terhadap sebuah rancangan/desain untuk membuat hasilnya menjadi lebih cepat dan dinamis. Kelebihan lainnya yaitu CorelDraw menyediakan dukungan fitur import / eksport yang banyak, seperti AI – Adobe Illustrator, DWG – AutoCAD, PDF – Adobe Portable Document Format, PSD – Adobe Photoshop,  TIF – TIFF Bitmap dan masih banyak lagi

Kekurangan yang ada pada coreldraw yaitu :

  • Membutuhkan file resource yang cukup besar
  • Pembuatan tabel agak sulit
  • Sangat tidak di rekomendasikan untuk mengedit foto
  • Masih terbilang kaku dalam pengolahan pallet warna dan gradient

Inkscape

Alternatif terbaik lainnya dari Adobe Illustrator adalah Inkscape. Gratis dan merupakan open source program. Merupakan software grafik editor yang kompatibel dengan Windows, Mac dan Linux dengan interface yang simple dan tools yang flexible untuk print, logo dan desain web. Tools ini dapat digunakan untuk membuat sebuah objek, memanipulasi objek, fill dan stroke, memformat teks dan lainnya. Inkscape sebenarnya khusus untuk SVG namun juga bisa di export ke PNG, PDF, EPS, PostScript dan lainnya. 

Sketch

Meskipun hanya bisa digunakan untuk pengguna Mac, namun ini adalah software paling populer dalam industri desain, khususnya untuk yang fokus pada web, app, user experience, atau interface design. Kamu bisa membelinya seharga 100 dolar. Sketch mensupport untuk multiple pages dan artboard, simbol dan style yang bisa diulangi, bisa mengedit dan merge vector tanpa menghancurkan shapes aslinya dan masih banyak lagi.  

X