Pengertian

Mouse adalah pengendali kursor pada tampilan GUI yang digunakan untuk memberikan masukan berupa gerakan kursor. Mouse juga dapat disebut sebagai perangkat keras untuk memberikan perintah baik menggunakan kabel maupun tidak menggunakan kabel.

Fungsi dan Kegunaan

Mouse dapat berfungsi sebagai penggerak kursor dilayar komputer ataupun laptop. Selain itu mouse juga berfungsi untuk mengeksekusi program, memilih objek, melakukan operasi scroll, melakukan drag and drop dan memperoleh informasi melalui hover.

Cara kerja

Seperti yang telah dibahas diatas bahwa kursor akan berpindah kemana saja mengikuti mouse yang kita gerakkan. Begitu juga saat kita melakukan scroll atau klik maka akan ada sensor yang mengirimkan perintah ke komputer. Pada mouse juga terdapat tombol kanan,kiri, dan tombol scrolling. Sementara cara kerja drag and drop dapat dilakukan dengan cara menekan sambil menahan tombol kiri yang terdapat pada mouse, kemudian sembari digerakkan ke arah yang diinginkan.

Jenis- Jenis Mouse Komputer

>Optomechanical Mouse

mouse optomechanical ini adalah pengembangan dari mouse mekanik, karena tipe mouse ini juga memiliki bola kecil di lantai, yang juga berguna sebagai sensor. Kedua mouse ini hampir sama hanya saja dengan mouse jenis ini ada sinar di samping bola, yang mewakili posisi koordinat penunjuk. Jenis mouse ini memiliki akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tikus mekanik.

>optical mouse

Dapat dikatakan bahwa mouse jenis ini memiliki akurasi yang tinggi dan juga stabil dan dapat digunakan pada komputer.Jenis ini tidak memakai sistem mekanik sama sekali. Untuk gantinya, tipe tersebut memakai sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse.

>Bus Mouse

Secara umum ini tidak terlihat seperti mouse dengan roda yang memungkinkan kita untuk menggulir ke atas dan ke bawah. Jenis mouse ini hanya memiliki tombol di kanan dan kiri. Mouse jenis ini terhubung melalui bus ke PC yang digunakan pada awal penggunaan komputer IBM. Mouse ini terhubung ke PC melalui perangkat bus terintegrasi pada kartu tambahan ISA.

>USB Mouse

Mouse ini menggunakan USB sebagai jembatan untuk mengirim sinyal dari mouse ke monitor. Mouse USB ini pertama kali diproduksi pada 1990-an. Jika kita membeli mouse di toko komputer dan aksesori, kita akan menemukan banyak tikus yang menggunakan USB karena ini lebih nyaman.

X