Membuat sebuah slide presentasi memang menjadi hal yg mudah bagi beberapa orang namun bagi sebagian lagi hal ini dapat menjadi hal sulit untuk dikerjakan. Bahkan tak jarang orang yg sudah mahir dalam membuat sebuah slide presentasi tidak paham dengan teknik dan cara yang tepat untuk menempatkan penjelasan dan gambar yang sesuai dengan syarat slide presentasi yang baik. Hal ini tentunya menjadi masalah yang besar karna dapat berdampak buruk terhadap audience yang akan kesulitan memahami matera yang akan disampaikan.

Lalu bagaimana membuat slide presentasi yang baik yang dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar? simak penjelasan berikut

1. Konten

Konten atau materi adalah elemen paling penting dan awal dalam pembuatan slide. kamu dapat memulai dengan menulis ide-ide yang kamu punya, atau kamu juga dapat menggunakan teknik brainstorming, mind map dan logical structure. Cara-cara ini dilakukan untuk mendapatkan ide-ide yang akan kamu kembangkan menjadi materi presentasi.

selanjutnya kamu dapat mengembangkan ide-ide tersebut menjadi materi, kemudian kamu dapat menyususun materi yang kamu punya menjadi materi presentasi yang utuh.

2. Membuat Storyline

Apa itu storyline?

Stroyline adalah kerangka atau gambaran dari konten isi dan struktur presentasi mulai dari slide pertama sampai dengan slide yang terakahir.

Kenapa membuat outline penting? Tujuannya adalah supaya kamu fokus pada konten isi slide kamu

Membuat otline caranya sederhana. kamu bisa membuatnya menggunakan dengan fitur outline mode atau ouline view di powerpoint.

3. Membuat Sketsa Gambar

Setelah storyline sudah kamu buat selanjutnya silakan kamu buat sketsa gambar untuk tampilan desain yang akan kamu buat nantinya. Ini akan memudahkan kamu akan mempercepat proses mendesain slide kamu nantinya.

Terkait gambar tidak harus bagus, yang penting kamu mengerti maksud dari gambar kamu, dapat mengilustrasikan pesan dan visual yang akan kamu tampilkan.

4. Siapkan Gambar dan Visual Pendukung Yang Diperlukan

meskipun kedengarannya tidak terlalu penting tapi nyatanya gambar atau ilustrasi akan sangat membantu karna dapat memudahkan para pembaca dalam memahami isi slide kamu, selain itu para pembaca akan jauh lebih tertarik untuk membaca kamu juga bisa menghemat kata” dengan mengubahnya kedalam sebauh gambar.

kamu juga harus menggunakan gambar yang jelas dan mudah dipahami.

5.  Menentukan kombinasi warna dan font yang akan Anda gunakan.

Tujuannya supaya pada saat mendesain, kamu tidak disibukkan dengan memilih font dan warna, karena hal itu bisa membuat kerja kamu menjadi lama, tidak efisien untuk proses mendesain.

Di tahap ini ketika memilih font, gunakan kombinasi font yang tepat, gunakan maksimal hanya tiga jenis font.

Kemudian untuk warna pilih kombinasi warna yang harmonis, yang jika dipadukan warnanya enak dilihat, nyaman dimata.

6. Mendesain slide

Setelah semua tahapan sudah Anda lakukan, selanjutnya silakan desain slide presentasi Anda sesuaikan dengan sketsa gambar.

X