Saat sedang mencari sesuatu di google atau saat sedang membuka layanan-layanan  di perangkat desktop atau mobile kita sudah berintraksi dengan website. Meskipun sudah berinteraksi dengan website setiap hari, mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu pengertian website. Untuk itu simak pembahasan berikut ini

APA ITU WEBSITE?

Dasarnya Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Contonya https://web.dhuocreative.com

PEMBUATAN WEBSITE

Dalam pembuatan website terdapat 3 unsur utama yang membuat website dapat diakses oleh semua orang, nah apa saja 3 unsur tersebut, yukk kita simak:

Domain.

Jadi, apa yang dimaksud dengan domain? Arti Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah website dengan nama yang lebih mudah diingat dan diketik dibandingkan IP address yang sangat rumit, Biasanya Alamat Domain berakhiran dengan .com, .co.id, .gov.id, dan sebagainya.

Jika website diibaratkan sebagai produk, maka domain adalah merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk memasuki suatu website. Dengan pemilihan nama domain yang unik juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya dikunjungi kembali.

Hosting.

Tidak kalah penting dengan domain, hosting memiliki peran yang sangat penting yakni untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website. Banyak sekali penyedia jasa hosting seperti; Shared Hosting, VPS (Virtual Private Server) Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, Dedicated Server Hosting.

Konten.

Konten juga punya peran yang penting dimana jika konten tidak ada maka website bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa macam website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli atau website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi.

JENIS – JENIS WEBSITE

Website berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi dimana informasi yang diberikan beragam dan dengan tujuan yang berbeda-beda untuk itu terdapat berbagai jenis website.

Website Pribadi.

Website pribadi atau personal web adalah jenis web yang dimiliki oleh seorang individu, walaupun berupa website pribadi tetapi tidak melulu kontennya berisi hal yang bersifat pribadi dari pemilik website tersebut.

Website toko online.

 Website Toko Online atau disebut juga e-Commerce adalah sebuah website untuk menawarkan barang yang dijual secara online, di mana proses penjualan dan pembelian (transaksi) dilakukan secara online.

Website blog.

Blog biasanya berisi artikel yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, ide atau pengalaman penulis. sala satu contohnya adalah https://www.kevinanggara.com/

Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi pengetahuan yang berhubungan dengan web hosting, internet marketing dan hal lainnya.

Untuk artikel yang diterbitkan setiap blog berbeda-beda, mulai dari satu hari satu artikel atau bahkan satu artikel dalam satu minggu. Hal ini tergantung dari kualitas artikel yang dibuat dan jumlah penulisnya.

Website memiliki banyak manfaat di kehidupan kita. Kita bisa mengakses media sosial menggunakan website. Belanja online juga terjadi di website. Ketikan Kita membutuhkan informasi penting, kita juga bisa mengaksesnya melalui website.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?