Pengertian Big Data

Big data adalah kumpulan proses yang terdiri volume data dalam jumlah besar yang terstruktur maupun tidak terstruktur dan digunakan untuk membantu kegiatan bisnis. Big data sendiri merupakan pengembangan dari sistem database pada umumnya. 

Big data terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:

1. Volume

Ukuran data yang dimiliki oleh big data memiliki kapasitas yang besar. kita dapat mencoba melakukan proses data dengan ukuran yang besar untuk dijalankan. 

2. Velocity

Kecepatan transfer data juga sangat berpengaruh dalam proses pengiriman data dengan efektif dan stabil. Big data memiliki kecepatan yang memungkinkan untuk dapat diterima secara langsung (real-time). Kecepatan tertinggi yang bisa didapatkan langsung melalui aliran data ke memori apabila dibandingkan dengan yang ditulis pada sebuah disk. 

3. Variety

Jenis variasi data yang dimiliki oleh big data lebih banyak daripada menggunakan sistem database SQL. Jenis data yang masih bersifat tradisional, lebih terstruktur daripada data yang belum terstruktur. 

Fungsi Big Data

  • Dapat menentukan penyebab suatu masalah, kegagalan secara real time
  • Pengambilan sebuah keputusan yang cerdas dan tepat
  • Mengurangi biaya, waktu, dan meningkatkan performa produk aplikasi
  • Mendeteksi sebuah anomali atau perilaku yang menyimpang dalam struktur bisnis anda

Manfaat Big Data bagi Bisnis

  • Mengenal Pelanggan dengan Lebih Baik

Dengan mengaplikasikan big data, artinya kita mengumpulkan seluruh informasi terkait pelanggan yang membeli produk. Mengerti pelanggan adalah cara bagaimana kita menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

  • Membangun Strategi Marketing yang Efektif

Dengan data yang dimiliki, tentu kita bisa dengan mudah membangun strategi marketing yang efektif dan menjangkau setiap konsumen sesuai dengan segmen pasar. 

X