Cobalah membuka Task Manager

Untuk membuka atau menjalankan Task Manager melalui taskbar, klik kanan di area kosong dari taskbar untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan selanjutnya pilih Task Manager untuk membuka atau menjalankan Task Manager.

 Carilah popup

Jika komputer Anda terinfeksi virus, Anda mungkin mulai melihat pesan muncul di layar Anda, bahkan jika tidak ada program lain yang sedang berjalan. Popup seperti ini dapat termasuk iklan, pesan kesalahan, dan banyak lagi.

Buatlah catatan mengenai program yang crash

Jika program reguler Anda mulai mengelamai crash lebih sering daripada biasanya, virus mungkin telah menginfeksi sistem operasi. Program yang memakan waktu lebih lama untuk dinyalakan, atau yang ekstra lambat ketika dijalankan, juga merupakan indikasi infeksi virus.

Berhati-hatilah terhadap pemberian akses program firewall

Jika Anda mendapatkan pesan yang konstan tentang program yang meminta akses ke firewall Anda, program Anda mungkin telah terinfeksi. Anda menerima pesan ini karena program mencoba untuk mengirim data melalui router Anda.

Perhatikan file Anda

Virus sering menghapus file dan folder, atau melakukan perubahan yang dibuat tanpa persetujuan Anda. Jika dokumen Anda hilang, ada kemungkinan komputer terjangkit virus.

Periksa browser web Anda

Browser web Anda dapat membuka halaman home baru, atau tidak memungkinkan Anda untuk menutup tab. Popup mungkin muncul segera setelah Anda membuka browser Anda. Ini adalah pertanda baik bahwa browser Anda telah dibajak oleh virus atau spyware.

X