Pengertian Data Statistik

Data statistik adalah bagian tunggal dari informasi faktual yang direkam dan digunakan untuk tujuan analisis. Hal ini menggambarkan bahwa data menjadi informasi mentah dari mana statistik dibuat. Statistik adalah hasil analisis data, interpretasi, dan penyajiannya.

Jenis-Jenis Data Statistik

Data statistik sendiri memiliki banyak jenis maupun sifatnya. Adapun jenis jenis dari data statistik adalah sebagai berikut:

1. Menurut Sumber dan Pengguna

Berdasarkan sumber dan penggunaanya, data statistic dibagi menjadi dua, yaitu data internal dan data eksternal. Data internal merupakan data yang menggambarkan suatu kondisi, kegiatan atau badan, yang dikumpulkan secara mandiri, dan digunakan sendiri oleh badan tersebut. Sedangkan data eksternal adalah kebalikan dari data internal. Data eksternal menggambarkan keadaan badan dari luar dan data ini aktivitasnya tidak terdapat dalam badan itu sendiri.

2. Menurut Cara Memperoleh

Berdasarkan cara memperolehnya, data dibedakan menjadi primer dan sekunder. Data primer adalah data yang dikumpulkan oleh sebuah badan, kemudian diolah dan diterbitkan oleh badan tersebut. Sedangkan data sekuder adalah data yang dikumpulkan oleh pihak lain.

3. Menurut Sifat

Data berdasaran sifatnya dibedakan menjadi data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah serangakian observasi yang pernyataannya tidak menggunakan angka. Data kuantitatif adalah serangkaian obeservasi yang pernyataannya menggunakan angka-angka.

4. Menurut Waktu Pengumpulannya

Data cross section adalah pengumpulan data pada waktu tertentu, dan data tersebut bisa digunakan untuk menggambarkan keadaan atau kegiatan pada waktu pengumpulan. Data time series adalah pengumpulan data yang dilakukan dari waktu ke waktu, yang kemudian memunculkan perkembangan atau tren yang digunakan untuk menunjukkan arah secara umum.

Fungsi Data Dalam Statistik

Fungsi data dalam statistik adalah sebagai alat bantu dalam mengambil keputusan. Hal inilah yang akan membuat data menjadi sangat penting. 

X