Pengertian interface

interface adalah sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Kata interface kadang kala (biasanya dalam bidang teknik) disingkat menjadi “i/f” atau  salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi

Fungsi interface

 fungsi antara lain sebagai berikut :

  • Mempermudah Interaksi Pengguna dengan ProdukSebetulnya, desain UI adalah elemen visual sistem produk. Hal ini juga meliputi desain layar, ikon, tombol, teks, gambar dan seluruh elemen visual lainnya. UI yang ada dalam sebuah produk digital memiliki peran yang sangat penting karena dengan adanya UI maka pengguna dapat berinteraksi dengan produk secara lebih mudah. Tampilan UI yang baik memang sangat mendukung interaksi pengguna dan produk. Ketika interkasi pengguna telah berjalan dengan baik, maka dapat dipastikan kebutuhan serta tujuan pengguna memakai produk bisa tercapai.
     
  • Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis dan PenjualanSebuah bisnis pasti memiliki tujuan mengalami peningkatan penjualan serta pertumbuhan bisnis. Untuk mencapai hal tersebut, salah satunya dapat dilakukan dengan mengembangkan UI dan UX. UI dengan desain yang baik bisa meningkatkan pengalaman serta kepuasan pengguna sampai pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah pengguna.
     
  • Meningkatkan Kualitas BrandingUser Interface tidak hanya berfungsi penting untuk interaksi serta pertumbuhan sebuah binis. Tampilan UI ternyata juga bisa menjadi ciri khas tersendiri bagi sebuah produk. Secara sederhana hal ini bisa disebut dengan branding. Jika Elemen tampilan UI sesuai dengan konsep produk maka menjadikan pengguna lebih mudah mengenalinya. Untuk itulah desain UI sebaiknya tidak hanya cantik dari segi visual tetapi juga mencerminkan nilai serta kualitas produk.

Cara kerja interface

kerja dari interface berarti menghubungkan dua atau lebih benda pada suatu titik atau batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.

X