Apa itu jaringan kabel??? Jaringan kabel adalah sebuah sistem jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media utama dalam dalam melakukan transmisi paket data. Kabel jaringan merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang sangat penting dan juga banyak digunakan. adalah mentransmisikan data yang diperoleh dari server, menuju komputer user atau client dengan mengandalkan konektivitas dari sebuah kabel.

1. Kabel Coaxial

Kabel coaxial merupakan kabel jaringan komputer yang klasik. Kabel ini tidak pernah digunakan lagi untuk penggunaan jaringan kabel pada sebuah sistem jaringan komputer.  Biasanya, kabel coaxial ini digunakan pada jenis jaringan yang memilki topologi jaringan  bus dan juga topologi ring.

Kelemahan kabel ini yaitu memiliki jangkauan dan juga kualitas pentransmisian data yang terbatas, sehingga sudah jarang digunakan.

2. TWISTED PAIR

Twisted pair adalah kabel yang memiliki bentuk fisik berupa pasangan dari kabel-kabel yang di pasang secara berlilit satu sama lain, membentuk spiral. Kabel Twisted pair paling banyak digunakan saat ini untuk pembuatan sebuah jaringan local atau LAN.

Kabel twisted pair memiliki 3 jenis kabel utama :

UTP (unshielded twisted pair)

Kabel UTP dalam aplikasinya tidak mendukung sebuah perlindungan atau proteksi dari kumpulan spiralnya. Karena tidak memilki perlindungan apapun pada bagian kabelnya, maka kabel jenis UTP ini memiliki kelemahan utama, yaitu sangat rentan dan juga sensitive terhadap voltase tinggi dan juga medan magnet. Kabel UTP banyak digunakan pada kabel jaringan telepon, dan juga jaringan LAN kecil.

FTP (foiled twisted pair)

FTP memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP, karena lapisan kabelnya dilindungi oleh semacam foil, sehingga hal ini membuat kabel jenis FTP memiliiki ketahanan yang lebih baik terhadap noise dan gangguan magnetic dibandingkan dengan kabel UTP.

STP (shielded twisted pair)

STP memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal noise dan gangguan magnetic. Hampir sama dengan kabel FTP, kabel STP juga memiliki perlindungan di dalam lapisan kabelnya.

3. FIBER OPTIK

Faber optik memiliki ukuran yang lebih kecil dan juga lebih fleksibel. faber optik digunakan untuk keperluan jaringan secara umum,bahkan saat ini jaringan internet di rumah anda pun sudah banyak yang mendukng konektivitas menggunakan fiber optic.

Kelebihan fiber optik adalah

  • Mampu mentransmisikan sinyal dengan kecepatan tinggi
  • Simple dan juga fleksibel
  • Tahan terhadap gelombang radio

Kekukarangan fiber optik adalah

  • Harga instalasi yang tinggi
  • Kecepatan transmisi masih dibatasi oleh provider
  • Apabila digunakan pada jaringan sederhana dan kecil, tidak akan berpengaruh banyak.
X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?