pengertian lan card

LAN Card merupakan perangkat keras jaringan yang berbentuk seperti kartu,perangkat ini dapat dihubungkan dengan jaringan komputer menggunakan alamat MAC. Dengan adanya perangkat ini, setiap komputer bisa terhubung dengan jaringan yang dimaksud. Bentuk LAN Card yang sedemikian itu menjadikannya mirip seperti kartu kredit. Agar dapat melakukan pertukaran data antar komputer, kabel jaringan perlu dihubungkan dengan LAN Card atau Network Interface Card alias NIC. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perangkat ini memungkinkan dua komputer atau lebih tersambung dengan suatu jaringan komputer seperti jaringan rumah atau Internet menggunakan kabel LAN yang dilengkapi oleh konektor RJ-45. Popularitas dan murahnya harga LAN Card merupakan alasan utama mengapa komputer dewasa ini seakan-akan wajib menjadikan perangkat ini sebagai salah satu komponen utama yang harus terpasang di motherboard.

Fungsi lan card

fungsi utama dari lan card adalah untuk menghubungkan dua komputer atau lebih ke suatu jaringan. Untuk itu, agar terjadi koneksi pada komputer yang dibutuhkan LAN card.

Cara kerja lan card

LAN Card bekerja apabila terdapat kesinambungan dengan peralatan lain di komputer, yaitu berupa memori kartu DMA. Pada saat ada aliran data pararel masuk ke LAN Card, saat itulah LAN Card akan mengirimkan ke tempat penyimpanan data sementara atau memori. Setelah dibeda-bedakan sesuai dengan paket-paket yang tersedia di dalam kartu memori, barulah data pararel itu akan diubah menjadi data serial sehingga bisa dikirimkan menggunakan media yang tersedia.Pada saat pembuatan frame itulah maka data pararel yang telah diubah menjadi serial tersebut dilengkapi dengan alamat, sinyal atau sistem pengecekan kesalahan. Data baru yang telah diubah itu akan diubah kembali menjdai pulsa elektronik yang di dalamnya mengandung informasi yang kemudian ditransmisikan pada jaringan media yang tersedia.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?