Pengertian Apa itu Web Server

web server merupakan suatu perangkat lunak/software yang ada dalam server yang memiliki fungsi untuk menerima halaman web sebagai permintaan melalui protokol browser. Setelah itu harus mengirimkan kembali hasil dari permintaan atau respon tersebut menjadi dokumen HTML.

Fungsi utama dari web server

web server memiliki peran dalam memproses berbagai data yang diminta oleh web browser kemudian akan diberikan hasil atau jawaban berupa dokumen, video, foto, atau beragam bentuk file lainnya. Webserver bisa juga berfungsi sebagai hardware dan software, yaitu apabila sebagai hardware maka webserver akan berperan dalam penyimpanan data dalam beragam bentuk. Lain hal nya apabila webserver berfungsi sebagai software maka akan berperan dalam mengatur dan juga memproses segala aktivitas permintaan yang diterima dan dibaca pada halaman browser, dan masih banyak fungsi lainnya.

Jenis-jenis Web Server

Setelah mengetahaui pengertian dan fungsi utama dari web server , maka selanjutnya kita akan membahas jenis jenis dari web server.

1.Web Server Apache

Web server yang paling banyak digunakan di internet adalah Apache. Pada awalnya Apache didesain dengan guna mendukung sistem operasi UNIX. Perlu diketahui bawah apache memiliki beberapa dukungan diantaranya seperti PHP, SSL dan juga kontrol akses. Selain itu apache juga banyak digunakan karena terkenal dengan kenyamanannya, karena proses intalasi nya yang mudah ketika masuk ke freeware dan konfigurasi apache juga pastinya lebih mudah jika dibandingkan dengan yang lainnya.

2.Web Server Nginx

Web server yang satu ini tentunya tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan web server apache karena mampu melayani segala macam permintaan mulai dari data tinggi dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang sangat sibuk. Secara mudahnya, Nginx memang lebih unggul, kecepatan, dan lebih mudah dalam hal performa sistem kerjanya.

3.Web Server Lighttpd

web server yang satu ini juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya yaitu sesuai dengan beberapa fitur tambahan yang tersedia seperti FastCGi, Output-Compression, FastCGi, dan URL Writing, sistem loading pada CPU jika menggunakan web server ini akan lebih cepat dan efektif.

4.Web Server IIS

IIS merupakan salah satu web server yang biasanya bekerja dengan menggunakan beberapa jenis protokol yaitu seperti DNS, IP/TCIP atau beragam software lainnya yang berguna untuk merangkai situs.

X