Pernahkah kamu membayangkan ada berapa banyak pengguna internet di seluruh dunia? Bagaimana cara internet bekerja dan mengidentifikasi setiap perangkat yang ada sementara jumlah¬†pengguna internet di dunia¬†kini tercatat ada 4,66 miliar jiwa. Dengan jumlah yang hampir setengah jumlah populasi manusia di bumi bagaimana internet bisa terus beroprasi dengan baik, Nah Tahukah kamu bahwa setiap perangkat seperti komputer, leptop, smartphone, yang terhubung ke jaringan/internet akan diberikan penanda atau “nama” yang nanti akan di sebut sebagai IP ADDRESS. Nah apa itu IP Address? , untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut

IP ADDRESS

Bayangkan jika pengguna internet adalah manusia yang menempati bumi, dimana setiap manusia pasti punya tempat tingggal atau Rumah. Nah layaknya Sebuah Rumah atau tempat tinggal setiap perangkat juga harus diberi alamat, nah bedanya pada internet alamat ini disebut dengan istilah keren yaitu IP ADDRESS. sama halnya dengan alamat sebuah tempat tinggal, IP ADDRESS juga disusun atau dibentuk sesuai dengan sistem yang telah di tentukan, Biasanya IP Addreess berisi sederet angka yang berbeda di setiap perangkat.

PENYUSUNAN IP ADDRESS

IP ADDRESS Berisi Angka” yang dibagi menjadi 4 bagian yang masing-masing diisi lagi dengan 1-3 digit angka, rentang angka dalam IP Address berkisar antara 0 sampai dengan 255. salah satu contoh IP Address adalah 192.168.38.1.

dari contoh diatas dapat kita lihat IP tersebut dibagi menjadi 4 kelompok dan diisi dengan 1-3 digit angkat, nah pertanyaan nya adalah bagaimana cara kamu memahai IP ADDRESS diatas? Untuk itu kamu harus memahami istilah” berikut. Yang pertama kamu harus tahu IP ADDRESS terbagi menjadi dua Bagian yaitu Network ID dan Host ID, network ID berada di 3 kelompok angka pertama yg menentukan alamat jaringan, dan Host ID kelompok angka paling akhir yang menentukan alamat computer. IP address memberikan alamat lengkap suatu computer berupa gabungan alamat network dan alamat komputer.

MENGENAL PENGERTIAN IPv4 DAN IPv6

Nah karna banyaknya pengguna internet di seluruh dunia IP ADDRESS DI BAGI MENJADI DUA YAKNI IPv4 DAN IPv6 , Penggunaan kedua IP ini terjadi karena sekarang sudah banyak sekali website yang berada di jaringan internet. Selain itu, perangkat komputasi yang terhubung di dalam jaringan internet pastinya lebih banyak. Maka dari itu, berikut ini adalah penjelasan tentang IPv4 dan IPv6.

IPv4

IPv4 adalah IP versi keempat yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat jaringan dalam sebuah sistem pengalamatan. IPv4 merupakan ip yang digunakan ketika internet pertama kali digunakan oleh orang banyak. IPv4 terdiri dari 4 oktet yang setiap oktetnya dapat menampung 255 buah alamat. Jadi, jika dikalkulasikan IPv4 dapat menampung alamat sebanyak 4,3 milliar. Tetapi, perkembangan zaman yang kiat pesat membuat penggunaan IPv4 tidak memenuhi jumlah penggunaan perangkat komputer yang semakin banyak. Namun, hal ini tetap bisa diatasi dengan menggunakan NAT (Network Address Translation).

IPv6

IPv6 adalah versi terbaru yang lahir karena jumlah dari IPv4 yang semakin lama akan menipis. Berbeda dari IPv4, IPv6 terdiri dari 8 kelompok angka dan huruf yang setiap kelompoknya dipisahkan dengan titik dua. Karena banyaknya perpaduan angka dan huruf tadi membuat IPv6 dapat menampung 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.456 alamat. Dengan jumlah yang fantastis seperti ini, kebutuhan alamat IP dunia tidak perlu dirisaukan lagi.

KESIMPULAN

IP ADDRESS menjadi hal yang sangat penting bagi semua perangkat yang terhubung ke internet karna merupakan identitas yang juga berfungsi sebagai alat identifikasi atau interface alamat lokasi pada perangkat yang terhubung ke internet. Bagi sebagian orang IP ADDRESS hanya di anggap sebagai kumpulan angka yang aneh dan membingungkan namun pada kenyataannya IP ADDRESS adalah identitas yang sangat diperlukan dan berharga keberadaannya.

X