Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dengan sesama komputer lain yang dapat berkomunikasi, berbagi sumber daya,data ke komputer lain. Berikut kita akan membahas macam-macam jaringan pada komputer menurut jangkauannya.

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografis

1. PAN (Personal Area Network)

PAN biasanya digunakan sebagai jaringan komunikasi antar perangkat komputer dengan jarak yang tidak terlalu jauh, hanya dalam rentang beberapa meter saja. PAN adalah access point ke seluruh perangkat pribadi yang dapat terhubung ke jaringan internet, seperti komputer, HP, hingga sistem keamanan rumah berbasis data.

2. LAN (Local Area Network)

LAN  adalah suatu jaringan komputer dimana cakupan wilayah jaringannya sangat kecil atau terbatas. Misalnya, jaringan komputer kantor, sekolah, rumah, atau di dalam satu ruangan saja.

3. CAN (Campus Area Network)

CAN juga termasuk jaringan terbatas Walaupun terbatas, jangkauan jaringan CAN lebih luas dibandingkan dengan jangkauan LAN karena dapat menjangkau beberapa gedung pada sebuah wilayah tertentu.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN pada sebuah wilayah atau kota yang sama.

5. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah sebuah jaringan komputer dengan kombinasi jaringan MAN dan jaringan LAN yang memiliki jangkauan lebih luas. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan antar negara atau benua.

6. Internet

Jaringan internet dapat menghubungkan berbagai perangkat seperti PC, laptop, HP, Televisi, dan masih banyak lagi.

7. VPN (Virtual Private Network)

Dengan menggunakan jaringan VPN, kita dapat memungkinkan untuk membuka sebuah situs yang memiliki batasan pada wilayah tempat Anda berada.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?