Pengertian monitor

Monitor adalah perangkat keras untuk menampilkan hasil proses dari komputer dalam bentuk teks, gambar, ataupun video secara visual.
Dalam hal ini monitor berperan sebagai perangkat output penyusun sebuah komputer dan sebuah komputer takkan bisa digunakan jika monitornya tidak ada. Itulah alasan monitor dianggap sangat penting dalam sebuah komputer.

Fungsi monitor

Fungsi monitor komputer adalah sebagai adaptor tampilan yang menampilkan informasi yang diperiksa oleh kartu video komputer.Monitor juga memiliki fungsi tampilan yang mencakup antara lain menampilkan dan mematikan, mengontrol kecerahan, kontras, dan posisi.

Cara kerja monitor

Prinsip kerja monitor sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.
Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer.Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar

X