Saat sedang menggunakan sebuah website yang sering kamu kunjungi atau saat sedang ingin log-in ke akun sosial media kebanyakan orang akan menggunakan password yang sama, hal ini tententunya dilakukan karna dianggap menjadi cara yg lebih efektif karna hanya harus mengingat satu password. Tapi tahukah kamu bahwa hal ini sangat berbahaya.

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa saya membutuhkan password yang kuat ? hal ini karna mayoritas aktivitas online yang kamu lakukan, seperti memeriksa email atau perbankan online. Sangat membutuh kan password, Faktanya adalah meskipun mayoritas website sudah aman, namun selalu ada kemungkinan orang lain mencoba untuk mengakses atau mencuri informasi-informasi kamu. Tindakan seperti ini umumnya dikenal sebagai hacking (meretas). Kata sandi yang kuat adalah salah satu cara untuk mempertahankan akun dan informasi pribadi Anda dari hacker. Memang lebih mudah bagi kita untuk membuat dan mengingat password yang sederhana, tetapi ini beresiko pada keamanan online kamu. Password yang kamu buat sebaiknya tidak sulit kamu ingat, namun sulit ditebak orang lain. Jadi bagaimana cara membuat password yang baik dan benar, simak penjelasan berikut ini

1.Jangan menggunakan informasi pribadi.

Nama Lengkap, ulang tahun, Nama hewan peliharaan, username, atau alamat email. merupakan Informasi-informasi yang umumnya dapat dengan mudah diakses oleh publik, sehingga orang lain lebih mudah menebak password Anda.

Data pribadi memang jauh lebih mudah ditebak, khususnya di beberapa media sosial seperti facebook yang menampilkan secara lengkap data diri pengguna bagi setiap orang.

kamu bisa menggunakan kalimat atau kata acak yang sama sekali tidak berhubungan dengan mu.

2. Gunakan password yang panjang.

Gunakan password yang panjang. Setidaknya panjang password minimal 6 digit, meskipun dapat lebih panjang untuk keamanan ekstra.

3. Jangan memakai password yang sama untuk semua akun.

Memakai password yang sama untuk semua akun adalah keputusan yang tidak tepat. Mungkin pilihan ini memang terdengar efektif bagi orang yang suka lupa dengan password mereka, namun Jika seseorang menemukan kata sandi pada satu akun kamu, maka dengan mudah akun-akun lainnya yang kamu isi dengan password yang sama akan terancam. Hal ini tentunya sangat berbahaya ditambah lagi jika kamu menggunakan password yang sama untuk akun” penting seperti akun m-bank, email dll

4. Hindari menggunakan kata-kata yang dapat ditemukan di dalam kamus.

Banyak orang yang mungkin belum mengetahui hal ini, padahal ini menjadi salah satu syarat utama password yang kuat. Nyatanya sebagian hacker atau peretas memiliki program komputer yang dapat mengidentifikasi dan menggabungkan kata” yang terdapat pada kamus karna itu kata kata yang terdapat dalam kamus bukanlah pilihan yang tepat untuk digunakan. Lalu bagaimana caranya, jika semua kata ada di kamus?

Nah jawabannya adalah huruf, dari pada menggunkan kata” seperti “Adik-suka makan” kamu dapa menggunakan “A-s-m” yang merupakan gabungan dari huruf depan kelimat pertama. hal ini akan jauh lebih efektif karna tidak mudah ditebak dan tidak terdapat dalam kamus

5. Gunakan kombinasi angka, simbol, huruf kapital dan kecil.

kombinasi angka, simbol, huruf kapital dan kecil juga menjadi hal yang penting dan harus dimiliki oleh sebuah password. kamu dapat mengkombinasikannya dengan gabungan huruf depan yang sudah kamu buat comtohnya seperti “Am$843” yang diambil dari kata “Adik-suka makan” .

Beberapa kesalahan password pada umumnya

Pada umumnya, password yang dibuat mengandung unsur nama keluarga, hobi, atau pola sederhana lainnya. Password ini memang mudah diingat, tetapi kurang aman. Mari kita pelajari beberapa kesalahan password pada umumnya dan bagaimana cara memperbaikinya.

“aku suka lagu tulus 0820”

Password diatas merupakan password yang lemah, selain karna mengendung hobi atau kesenangan seseorang, password ini juga mengandung angka” seperti tanggal lahir orang yang kamu maksud (0830). Kamu dapat mengubah password diatas dengan cara menambahkan karakter atau tanda seperti berikut ini “4ku $uk4 L4gu Tulu$” dengan begini password kamu akan lebih sulit untuk ditebak

jika merasa password kamu terlalu sulit untuk diingat kamu dapat menulisnya di sebuah kertas. Tapi ingat berhati-hatilah saat hendak menyimpannya jangan simpan di tempat yang dapat dijangkau semua orang, juga jangan memberikan password pada orang” terdekat mu karna ini akan sangat berbahaya.

X