Setelah mengetahui apa itu artikel yang telah diinformasikan di atas. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri artikel yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Tulisannya singkat, padat, jelas, dan pembahasannya lengkap serta teratur.
  • Sumbernya berasal dari fakta yang sudah pasti ada.
  • Bersifat faktual/umum sesuai dengan data-data yang diketahui oleh si Pencipta atau Pembuat.
  • Isi yang disiarkan sesuai dengan fakta yang didapat dari narasumber dan bukan dari ide penulis.
  • ┬áIsinya bisa berupa pemaparan biografi tokoh, kisah-kisah perjalanan, argumentasi, peristiwa, atau hal fakta lainnya.
  • Gagasan atau topiknya harus menyeimbangkan dengan kebutuhan pembaca atau masyarakat sekitar.

Baca juga Artikel Lainnya di Dhuo Creative

Setelah memahami apa itu artikel dan ciri-cirinya. Berikut ini ada beberapa jenis artikel yang wajib kamu ketahui, diantaranya:

1.Narasi

Artikel narasi merupakan jenis artikel yang isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis, mulai dari awal, tengah hingga akhir. Di dalam narasi terdapat tokoh, konflik dan juga penyelesaian. Contoh dari artikel narasi adalah autobiografi, biografi dan kisah pengalaman.

2.Deskripsi

Serupa dengan namanya, artikel deskripsi adalah jenis artikel berupa Narasi yang Mengilustrasikan sesuatu yang berhubungan dalam hal yang dituju kepada pembaca, sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakan, melihat dan mendengar isi dari deskripsi tersebut.

3.Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan jenis artikel yang isinya menginformasikan atau memberikan penjelasan tentang sebuah topik yang tujuannya untuk menambah wawasan pembacanya. Artikel eksposisi lumrahnya dilengkapi dengan gambar, grafik dan informasi pendukung lainnya.

4.Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan suatu narasi yang dibuat untuk membuktikan kebenaran yang berhubungan dengan suatu pendapat penyajian fakta atau data semacam alasan. Di dalam artikel ini lumrahnya terdapat unsur opini dan data, serta fakta yang menjadi pendukung opini.

5.Persuasi

Artikel persuasi merupakan artikel yang isinya bertujuan untuk meyakinkan pembaca, sehingga bersahaja melakukan sesuatu yang disarankan oleh penulis dalam narasinya. Artikel ini biasanya digunakan dalam kampanye-kampanye. Contohnya Say no to Drugs yang berisi mengenai bahaya narkoba.

Jangan lupa baca artikel lainnya didhuo creative

X